loading...

Translate

Archives

Thank Benefactors

Home » , , » 5 Tips Berkendara di Malam Hari

5 Tips Berkendara di Malam Hari

Akhir pekan, pulang malam. Ingat, Anda bukan bintang Need for Speed!


Berkendara di malam hari lebih berbahaya ketimbang pada pagi atau siang hari. Kenapa? Ya, cahaya jalan yang semakin gelap, rasa lelah, dan ngantuk jadi beberapa faktor penyebabnya. Akibatnya, risiko terjadinya kecelakaan pun meningkat. Tapi tenang, seorang ahli memberikan beberapa tip yang  bisa membantu Anda untuk mengatasinya.

Penglihatan

Saat mengemudi di malam hari, pastikan penglihatan Anda dalam kondisi yang baik. Bila perlu, pakailah kacamata  sebagai alat bantu. Penglihatan yang baik sangat penting agar Anda bisa melihat sejelas-jelasnya situasi dan kondisi jalan yang akan dilalui.

Lampu

Pastikan semua lampu yang menempel di mobil Anda seperti  lampu depan, belakang, ataupun sein tidak rusak apalagi mati. Itu sangat penting saat Anda mengemudikan kendaraan pada malam hari atau dalam kondisi jalan yang kurang penerangan, demikian dilansir situs Rac.

Kebersihan

Saat berkendara di malam hari, pastikan kaca depan Anda dalam kondisi yang bersih. Kenapa? Agar Anda bisa melihat dengan jelas keadaan di sekitar Anda. Selain itu, kaca yang bersih juga membantu Anda untuk lebih fokus terhadap lampu rem kendaraan yang ada di depan Anda.

Pengaman

Dalam keadaan darurat, alat ini juga penting untuk membantu Anda. Ya, apalagi saat kendaraan Anda mogok di daerah yang minim penerangan. Cahaya yang dipantulkan oleh pengaman segitiga ini bisa memberitahu kendaraan yang ada di belakang  bahwa kendaraan Anda sedang berhenti.

Istirahat

“Saat Anda sudah merasa lelah atau ngantuk, cobalah cari tempat yang aman untuk istirahat sejenak. Ya, sekitar 20 menit rasanya sudah cukup. Selain itu, minumlah secangkir kopi sebelum melanjutkan perjalanan,” kata Simon Elstow, kepala Institute of Advance Motorists (IAM) Drive and Survive.

Di samping itu, kewaspadaan Anda pas mengemudi juga dibutuhkan untuk meminimalisir terjadinya hal-hal yang tak diinginkan. Have a safe weekend!



0 Comment:

Post a Comment

Share on Social Media