loading...

Translate

Thank Benefactors

Home » , , » 5 Mitos Tentang Flu!

5 Mitos Tentang Flu!

Kehangatan secangkir jahe ternyata lebih ampuh dari kehangatan tubuh si dia! #eh

Apakah benar sup ayam, jus jeruk dan jahe bisa menghilangkan penyakit sepele tapi fatal ini?


Menuruti saran dari Ibu atau nenek Anda untuk menyembuhkan penyakit memang tak ada salahnya. Tapi, ada baiknya ketahui dulu apakah hal itu bermanfaat atau tidak buat Anda. Menurut Dayong Wu, MD, Ph.D, peneliti dari Nutritional Immunology Laboratory di Tufts University, tubuh butuh nutrisi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh terhadap virus dan mempercepat pemulihan Anda. Berikut adalah beberapa fakta dan mitos seputar flu yang perlu diketahui.

Alkohol ternyata ...

#1

Mitos: Nutrisi paling sakti sebagai imun flu adalah Vitamin C

Fakta: Vitamin C memang menolong. Menurut penelitian di Australia, orang yang mengonsumsi 2000 IU vitamin D tiap hari selama dua tahun, cenderung lebih tahan terhadap penyakit dibanding dengan mereka yang tidak. “Ikan adalah makanan yang paling kaya akan vitamin D dan beberapa asam lemak yang terkandung dalam senyawa tersebut bisa menekan fungsi sel kekebalan tubuh dan juga buat tubuh lebih kebal tehadap flu,” kata Dr. Wu.

#2

Mitos: Alkohol bisa merusak kekebalan tubuh

Fakta: Menurut penelitian dari Oregon Health dan Science University, alkohol yang dikonsumsi secukupnya bisa meningkatkan kekebalan tubuh dan bisa membantu melawan infeksi. Mengapa bisa begitu? Penelitian menyebutkan kalau anti-oksidan yang terkandung dalam minuman beralkohol berfungsi untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Jadi, minumlah satu atau dua gelar bir atau wine secara teratur, karena itu dipercaya punya efek yang lebih baik buat tubuh Anda.

Apakah benar semangkuk ayam benar-benar bisa menyembuhkan hidung yang 'bocor'?

#3

Mitos: Sup ayam ampuh sembuhkan demam dan batu saat flu

Fakta: Menurut penelitian Stephen Rennard , M.D., dari University of Nebraska Medical Center, sup ayam bisa melemahkan neutrofil, tipe sel darah putih yang bisa merangsang penyebaran penyakit. “Kombinasi sayuran, ayam, dan kuah sup yang bergizi adalah kombinasi terbaik untuk sembuhkan demam dan batuk saat flu,” katanya.

#4

Mitos: Jahe bisa redakan mual saat flu

Fakta: Meski penelitian terhadap hubungan jahe dan flu belum dilakukan, tapi peneliti percaya kalau jahe punya manfaat yang baik buat tubuh. “Seperempat sendok teh bisa hilangkan efek mual sebanyak 40 persen,” kata peneliti dari University of Rochester.

#5

Mitos: Jus jerus bisa mencegah flu dan batuk

Fakta: Minum jus jeruk memang baik buat kesehatan. Tapi, buah cranberi akan lebih baik mengurangi flu, menurut studi dari Universitas Florida. Kenapa? Karena buah tersebut punya nutrisi bernama proanthocyanidins, nutrisi penting untuk buat sel-sel pertahanan agar tubuh tetap terjaga. “Minum dua gelas jus cranberi tiap hari bisa membuat sel-sel tubuh Anda selalu terjaga. Sehingga dapat bereaksi lebih cepat saat ada serangan virus atau bakteri,” kata Susan Percival, Ph.D.

0 Comment:

Post a Comment

Share on Social Media